Tips Merawat Layar Sentuh pada Smartphone Android



Tips  Merawat Layar Sentuh (Touchscreen) pada Smartphone Android - Smartphone Android yang beredar dipasaran pada umumnya menggunakan layar sentuh sebagai media input utama. Jarang sekali kita menemukan perangkat Android yang masih menggunakan papan ketik. Penggunaan touch screen dinilai lebih canggih dan praktis daripada keyboard. Perawatan layar sentuh tentu lebih lebih kompleks daripada layar lain yang hanya berfungsi sebagai media dispay. Jika salah dalam memperlakukan touch screen, maka akan terjadi kerusakan yang biaya perbaikannya cukup mahal bahkan setara dengan harga satu buah ponsel baru.

Untuk merawat layar sentuh pada perangkat Android yang rentan terhadap goresan, kita harus menggunakan screen protector. Ada beberapa macam pelindung layar yang bisa anda pilih yaitu clear, anti spy, anti glare, dan mirror. Jenis clear adalah yang paling sering dijumpai berupa plastik transparan yang agak tebal yang menutupi bagian layar. Anti spy paling sering digunakan untuk orang yang tidak ingin aktivitasnya diintip oleh orang lain saat menggunakan ponsel. Sedangkan anti glare mampu melindungi layar dari sidik jari, minyak, dan gelembung. Screen protector jenis mirror dapat berfungsi sebagai cermin karena memantulkan cahaya.
Selain menggunakan screen guard, anda juga dapat menerapkan tips praktis untuk merawat touch screen yaitu:

  •  Menghindari sinar matahari saat sedang menggunakan layar sentuh karena bisa mengakibatkan penurunan sensitifitas pada layar.
  • Saat menekan layar, usahakan jangan terlalu keras agar tidak cepat rusak.
  • Menyentuh touch screen yang benar adalah dengan jari dan bukan kuku. Kuku yang menekan layar bisa mengakibatkan goresan.
  • Jika layar perangkat Android sudah mulai berdebu dan berminyak, gunakan cairan pembersih dan kain halus untuk membersihkannya.
  •  Saat sedang membersihkan layar, gosoklah secara perlahan.

Saat anda memutuskan untuk menggunakan cover untuk melindungi handphone, sebaiknya hindari yang menggunakan magnet karena medan elektromagnetik dapat merusak layar sentuh. Anda juga harus menjauhkan ponsel dari barang elektronik yang memakai magnet seperti DVD player dan TV. Touch screen pada handphone Android memang rentan terhadap goresan dan gangguan lainnya jadi perawatan yang baik sangat diperlukan untuk membuatnya tetap awet selama digunakan.

No comments:

Post a Comment